Selasa, 07 Mei 2013

My Dad is My Everything


Saat kita mengidolakan William Shakesphere, Beethoven, B.J Habibie atau mungkin Bisma sm*sh (hah?) masihkah kita mengidolakan Ayah kita? Orang yang lebih hebat dari Superman, lebih kuat dari Hulk, lebih tangguh dari Iron Man, lebih baik dari Robin Hood, dan pakaian yang gak lebih ketat dari Spiderman.

Buat gue sih jelas banget orang yang berpengaruh, motivator dan idola gue, yaa that’s right “Bapak”. Orang yang hebat banget, orang kampung, sekolah gak pake alas kaki, tas nya pake kantong plastik, gak pernah ngerasain susu Dancow selain ASI, yang ada air beras yang dikasi gula, makannya ubi, lauknya daun ubi, kentut pun bau ubi. Gak bisa sejelas mungkin untuk menggambarkan betapa susahnya hidup Bapak gue dulu. Tapi bisa sekolah tinggi sarjana S2 pula’, dan itu juga gak lepas dari perjuangan kakek gue, gue yakin idolanya bapak pasti kakek, seperti gue sekarang yang juga mengidolakan bapak.

Perjalanan cintanya untuk ngerebut hati ibu juga gue kagum, yang bapak sebut dengan cinta pada pandangan pertama, pria kampung dari pedalaman Kalimantan yang jatuh cinta dengan seorang gadis manis Boyolali, Jawa Tengah. Saat wawancara gue tanya “pak waktu pertama ketemu ibu apanya sih yang diliat?”, “Pantatnya”. whaat? Telinga gue pun mengeluarkan ingus saat mendengar itu, tapi ya perspektif penilaian setiap orang yang membuat dirinya tertarik tentu berbeda-bedakan?. Tapi semenjak hari pertama bertemu itu bapak terus mengejar dan dalam hatinya berkata “lu olang yang owe cali slama nii” eh kok jadi chinese! Sering datang kerumahnya, jalan-jalan dengan sepeda keliling sawah, romantis juga nih orang. Dan akhirnya merekapun berpacaran, tapi tak lama setelah itu bapak selesai kuliah dan harus pulang kembali ke kampung halaman, merekapun LDR-an. Bisa bayangin gak lo semua? Jaman dulu itu belum ada blackberry, gak ada bbm atau weChat kayak sekarang. Mau nelfon harus wartel (baca : warung telepon) dan itu berbayar. Pacaran jaman sekarang : “Lagi apa sayang?” *-1 menit hp berdering “Lagi latihan salto sayang”, enak bangetkan, teknologi sekarang seolah menghapus jarak, menusia bisa berkomunikasi kapan saja. Pacaran jaman dulu : *tulis surat “Sayang udah makan?” seminggu kemudian pesan terkirim melalui pak pos atau merpati pos “nasi yang minggu lalu udah basi sayang”, kasian bangetkan. Anak muda jaman sekarang 5 menit aja pacar atau gebetannya gak ada kabar udah galau, gak kayak orang tua jaman dulu walaupun susah komunikasi tapi mereka tetap saling cinta dan setia.

Sampai pada suatu hari mereka pun menikah, ibu ikut bapak ke kalimantan, perjuangan belum selesai, mereka masih belum punya apa-apa. Setelah 1 tahun menikah keluarlah anak yang ganteng ini, ya itu gue. Ibu bilang waktu gue lahir gue itu bawa kalung atau medali, ada yang gue kalungin, dan itu masih bapak simpan, gak ada yang kebetulan, pasti gue itu dilahirkan untuk menjadi pemenang. Bidan yang bantu ibu ngelahirin itupun dibayar dengan sukarela, dan yang datang menjenguk itu rame banget tetangga-tetangga, bersyukur bangetlah walau disaat sulit tapi masih banyak orang disekeliling keluarga gue yang sangat begitu peduli. Waktu kecil bapak cuma punya sepeda onthel, dia sering bawa gue ke studio foto yang pasti buat foto-foto. Sampai akhirnya bisa beli motor second yang canggih karena Cuma bapak seorang yang bisa ngidupin itu motor. Pernah suatu hari kejadian motor itu kecurian, waktu bapak cari eh ternyata motor itu ditinggalin sang maling didepan masjid karena gak bisa ngidupin motornya. Waktu kian berlalu perjuangan demi perjuangan yang dilalui gue lihat semua hasilnya, dari jalan kaki, onthel, motor butut, dan sekarang punya 2 mobil. Hasil keringatnya yang begitu luar biasa buat gue, terlebih buat ibu, dari dulu sampai sekarang gue gak pernah liat bapak sama ibu berantem, sedikitpun gak pernah, gue senang keharmonisan ini.

Kurang ajar banget untuk gue pribadi kalau sampai gue ngecewain atau bikin malu bapak, yang harus gue perjuangkan sekarang dan yang gue cita-citain gue harus lebih hebat dari bapak, bapak bisa S2 gue minimal harus S2 dan mesti lebih, bapak punya 2 mobil, gue harus 3 bahkan lebih. Gue selalu bangga punya bapak kayak dia, selalu gue kagum dengan perjuangan hidupnya sampai dengan perjuangan cintanya.


Bapak Wisuda

Happy Family
Hari Pertama si Ganteng di Dunia
Wedding
si Ganteng (gue) 

Share:

2 komentar:

  1. wah, cerita yang menarik nan romatis.
    jadi tau nih cerita pak pendeta,, :) Luar biasa..
    Keep writing younger brother.. Gb

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus